Sunday, November 1, 2015

Pengertian Root di Android

Pengertian Root pada Android

Pengertian dari root di android adalah kegiatan seorang pengguna yang membuka akses untuk mengubah, menghapus, menambah, dan memodifikasi semua yang ada di dalam sistem android.

"Apakah root android itu berbahaya ?".

Tentu tidak sob karena seperti sudah di jelaskan tadi bahwa root itu hanya untuk memodifikasi sistem, tapi akan menjadi berbahaya kalau sobat salah mengerti tentang root.

Sementara itu, root juga memiliki fungsi sob seperti memberi akses kepada sobat untuk dapat masuk ke dalam sistem android, kemudian sobat juga dapat memodifikasi file atau data-data yang terdapat di dalam sistem android. Selain itu tidak hanya fungsional, root ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu sobat ketahui, yaitu:

Kelebihan dan Kekurangan Root di Android.

Untuk Kekurangannya:
  • Garansi hilang
  • Lebih rentan terhadap malware 
Untuk Kelebihannya:
  • Akses tanpa batas dalam memodifikasi file atau data yang berada di dalam sistem
  • Dapat menghapus aplikasi bawaan vendor
  • Dapat melakukan backup aplikasi dan sistem
  • Dapat memasang Cusotm Rom
  • Dapat memasang Custom Recovery
  • Dapat memasang Tweaks
  • Dapat melakukan Overlock Processor
Dapat sobat lihat root di android itu hanya memiliki sedikit kekurangannya di bandingkan kelebihannya yang cukup banyak, dan di tambah kelebihan yang ada di atas baru sebagian saja.

Nah, setelah melihat kelebihan dan kekurangannya sobat perlu mengetahui mengapa android itu perlu di root sob, nah berikut ini alasan yang bisa saya berikan mengapa android sobat perlu di root.

Berikut Alasan Mengapa Android Sobat Perlu di Root.

#1. Lebih sedikit kekurangan namun lebih banyak kelebihan, bisa sobat lihat dari sisi kelebihannya yang cukup banyak, saya sendiripun sudah merasakan kelebihan yang di berikan oleh root itu sendiri.

#2. Sobat tidak akan di batasi oleh apapun dalam memodifikasi apa saja yang ada di dalam sistem.

#3. Sobat bisa menginstall aplikasi yang membutuhkan akses root, seperti: supersu, tasker, greenify.

#4. Game berat ? gak masalah karena sobat dapat memasang tweaks untuk meningkatkan performa android dan mengubah settingan game itu sendiri, contohnya sobat dapat menggunakan aplikasi GLTOOLS.

#5. Membuat aktivitas di dalam android menjadi otomatis, seperti menon-aktifkan aplikasi sesuai waktu, mengubah mode jaringan sesuai presentase baterai, dan masih banyak lagi.

#6. Sobat dapat meningkatkan performa android dan dapat menghemat baterai juga sob, karena sobat dapat menggunakan tweaks.

#7. Sobat dapat memblokir iklan yang ada di web maupun yang ada di dalam aplikasi, sobat dapat menggunakan aplikasi seperti lucky patcher untuk memblokir iklan tersebut.

#8. Sobat dapat membackup seluruh data aplikasi dan game sobat, tanpa terkecuali.

#9. Sobat akan terus dapat update OS walaupun sebenarnya sudah tidak dapat dari pihak developer, contohnya saya yang menggunakan Samsung Galaxy Grand 2 yang harusnya OS hanya mencapai Kitkat 4.4.2 sekarang saya telah menikmati Lollipop r5.1.1 berbasis Custom Rom.

Itulah yang menjadi alasan mengapa android sobat harus di root, jika sobat tidak percaya silahkan cek di youtube ataupun forum manapun pasti sebagian besar sudah mengalami bahkan ada yang memaparkan hal di atas.

Jika sobat yakin untuk merooting android, itu adalah hal yang bagus namun ada sebagian hal yang harus perhatikan sebelum melakukan root sob, yaitu:

Berikut Hal Yang Perlu Perhatikan Sebelum Root:

#1. Pilih media yang ingin digunakan, maksudnya ingin root lewat pc atau tidak.

#2. Cari tutorial root yang berkualitas, jangan yang embel-embel dan perlu di ketahui sob semua yang membuat artikel cara root android itu tidak akan bertanggung jawab atas perbuatan sobat. Jadi saran saya sobat bisa mengunjungi XDA-Developer untuk mencari tutorial.

#3. Jika sudah ketemu maka ikuti tutorial yang di berikan dengan baik.

Memang tidak terlalu sulit sih dalam melakukan root, tapi kalau di bilang gampang sih gampang banget bagi yang sudah terbiasa namun bagi yang baru-baru mencoba tidak ada salahnya kok bilang susah, karena saya sendiri pernah bilang begitu.

Nyesel loh kalo gak nanya ;)
EmoticonEmoticon