Tuesday, October 13, 2015

Kini Ghost Push Malware Telah Menyerang Perangkat Para Droider di Indonesia

Beberapa hari ini saya telah mensurvey hal-hal yang berhubungan tentang sistem yang ada di android, lalu secara tidak sengaja saya menemukan sebuah informasi yang cukup mencengangkan dari Cheetahmobile.

Sebuah informasi yang saya temukan dari cheetah mobile adalah tentang munculnya sebuah Malware yang dapat mengancam data-data pribadi para pengguna android di dunia, khususnya indonesia.

Dikutip dari Cheetahmobile (13/10/2015) bahwa malware yang bernama Ghost Push Malware merupakan sebuah trojan malware yang telah di buat oleh hacker china untuk menyerang data-data yang ada di android sobat melalui aplikasi-aplikasi yang ada di playstore seperti Talking Tom 3, Brain Test, Retro Tetris, Sex Academy, Calculator, Privacy Lock, dan selebihnya pada gambar di bawah ini.

Kini Ghost Push Malware Telah Menyerang Perangkat Para Droider di Indonesia
Aplikasi yang terinfeksi Ghost Push Malware. © Cheetahmobile

Melalui malware tersebut, setidaknya hacker china mampu meraup uang sebesar $4.05 Juta Per Hari, apabila jumlah sebanyak itu di rupiahkan setidaknya bisa untuk membeli gorengan, abangnya beserta gerobaknya.

Cheetahmobile sendiri menemukan malware ini pada tanggal 18 september, dan malware ini sudah menyerang lebih 900.000 perangkat android di lebih 116 negara di seluruh dunia, khususnya indonesia.

Kini Ghost Push Malware Telah Menyerang Perangkat Para Droider di Indonesia
Daftar negara yang terinfeksi, Indonesia berada di urutan ke 2 sob gilak. © Cheetahmobile

Dalam table di atas menunjukan bahwa indonesia berada di urutan ke 2 untuk negara yang terinfeksi. cukup mencengangkan juga indonesia ada di urutan ke 2, berarti tidak sedikit para droiders yang perangkatnya sudah terinfeksi malware tersebut.

Untuk mengatasi malware tersebut, Cheetahmobile telah membuat aplikasi tools yang mampu untuk membunuh Ghost Push Malware. aplikasi tersebut bernama Ghost Push Trojan Killer dan sudah tersedia di google playstore.


Dengan indonesia berada di urutan ke 2 saya menjadi sangat perihatin, terlebih banyak sekali sobat yang menggunakan android. Kalau pendapat saya pribadi sih mengapa indonesia ada di urutan ke 2 adalah 
  1. Banyaknya pengguna android yang masih mendownload aplikasi atau game sembarangan.
  2. Tidak tau cara mengelola aplikasi dengan benar.
  3. Sembarangan mengklik iklan di dalam aplikasi atau browser
Dengan adanya malware ini saya harap sobat dapat lebih berhati-hati dalam menginstall aplikasi, karena tidak selamnya google playstore itu aman. jika sobat menginstall aplikasi atau game melalui blackmarket budayakan baca komentar terlebih dahulu sebelum install, hahaha.