Wednesday, September 23, 2015

5 Tips yang Akan Membantu Melegakan Memori Internal Android Sobat

Memori Internal merupakan tempat untuk mewadahi data dari semua aplikasi, ketika sobat menginstall aplikasi maka Memori Internal lah yang menjadi tempat pertama untuk menyimpan data dari aplikasi tersebut. di dalam setiap android, memory internal memiliki kapasitas yang berbeda beda sob mulai dari 1GB hingga 64GB.

5 tips yang Akan Membantu Melegakan Memori Internal Android Sobat
Gambar Memori Internal dari Android Saya. / © Cuman-Android

Jumlah Memori sebesar 64GB untuk sebuah android sudah sangat lah besar, namun bagaimana kah dengan yang 1GB atau di bawahnya ? bagaimana jika memori internal tersebut penuh ? apakah ada tips untuk melegakan memori internal ?, jelas ada sob dan berikut ini saya akan memberikan tips yang mudah untuk melegakan memori internal, cekidot sob.

Sebelum memulai ada yang perlu sobat ketahui dulu, di dalam memory internal terdapat 3 jenis file yang dapat di katakan cukup besar untuk berada di memori internal, yaitu :
  1. App Data
  2. User Data, seperti musik, foto, dan video
  3. Cache Data, seperti system chace, dan app cache

1. Manfaatkan Aplikasi Cloud


5 tips yang Akan Membantu Melegakan Memori Internal Android Sobat

Untuk melegakan memori internal, langkah pertama yang dapat sobat lakukan adalah menyimpan data atau file yang ukurannya cukup besar ke cloud. Cloud adalah media penyimpanan online yang bisa sobat manfaatkan untuk menyimpan file dengan jumlah banyak, karena jumlah kapasitas yang di tawarkan mampu mencapai 10GB lebih.

Contoh Aplikasi Cloud : Google Drive, Copy, dan Drop Box

2. Gunakan SD Card 

5 tips yang Akan Membantu Melegakan Memori Internal Android Sobat

Apabila sobat tidak ingin menyimpan di cloud, sobat bisa menggunakan alternatif lain yaitu dengan menyimpan data dan file di memori external (SD Card). dengan menggunakan SD Card sobat dapat menyimpan data dan file yang berukuran cukup besar.

Saran : Jika ingin membeli SD Cardnya usahakan jangan terlalu besar kapasitasnya sob takutnya nanti sebagian memory tidak terbaca, misalnya sobat membeli SD Card 16GB tapi android sobat hanya mampu membaca 8GB saja, jadi sayang banget yang 8GBnya lagi tidak terpakai.

3. Manfaatkan Aplikasi Link2SD (Root)

5 tips yang Akan Membantu Melegakan Memori Internal Android Sobat

Link2SD dapat membantu sobat dalam memindahkan aplikasi dan game ke memori external, dengan menggunakan link2sd sobat tidak perlu memindahkan App data dan Obb secara manual, karena akan di lakukan secara otomatis, dan cara ini di khususkan untuk android yang sudah di root.

4. Bersihkan File, dan Cache di Memori Internal

Untuk membersihkan file saya sarankan di lakukan secara manual saja, karena hanya sobat yang tau mana file yang penting dan mana yang tidak, dan untuk membersihkan cache sobat dapat menggunakan aplikasi cache cleaner seperti SD Maid dan SD Maid Pro.

5. Manfaatkan Tweaks : OBB On SD (Root)

Di cara terakhir ini sobat dapat menggunakan tweaks OBB on SD, dengan tweaks tersebut sobat dapat memindahkan file obb dari memori internal > memori external dengan app data masih tersimpan di memori internal. tweaks ini sangat cocok untuk memindahkan file obb dari game yang berukuran besar.

Link Download : OBB on SD (at our own risk)

Demikian artikel hari ini, sampai ketemu di artikel selanjutnya sob.