Sunday, August 23, 2015

Marshmallow Kini Menjadi Nama Resmi Sistem Operasi Android M

Assalamualaikum - Setelah menunggu akhirnya google telah meresmikan "Marshmallow" sebagai nama dari Android M. dalam konversi google I/O (28/5/2015) pada waktu lalu nama marshmallow belum lah disebutkan atau masih disembunyikan, dan hanya developer Android M saja yang di perkenalkan.

Marshmallow Kini Menjadi Nama Resmi Sistem Operasi Android M

Sebelum google meresmikan nama marshmallow, kita sempat di buat bertanya tanya apasih sebenarnya kepanjangan huruf M dalam Android M, dan sempat saya berfikir bahwa nama untuk android m akan lama di umumkan oleh pihak google, ternyata belum lama ini nama "Marshmallow" sebagai pengganti huruf M pun sudah di beritahukan oleh dave burke, karena adanya tweet foto patung android sedang memeluk "Marshmallow" terpampang jelas di dalam akun sosial media miliknya (Twitter @Davey_Burke (17-18/05/2015)).

Dalam tweet yang terpampang jelas di akun twitter miliknya (Dave Burke) sudah bisa kita ambil kesimpulan bahwa Marshmallow lah yang menjadi pengganti huruf M dalam android M, dan Google Developer sudah memberikan pengumuman seputar "Marshmallow" yang dilansir dalam sebuah artikel yang berjudul "Develop a sweet spot for marshmallow: Official Android 6.0 SDK & Final M preview" (17/08/2015).

Dalam artikel tersebut google developer tidak memberikan informasi yang spesifik mengenai marshmallow, akan tetapi di katakan dalam artikel tersebut bahwa Android sudah mencapai versi yang ke 6.0 berarti dapat disimpulkan bahwa masa-masa Lollipop telah berakhir, dan saya sempat berpendapat bahwa lollipop akan mencapai versi 5.0.5 dan ternyata pendapat saya salah besar.

Fitur yang dihadirkan oleh android marshmallow pun sama dengan android m, pasalnya Android M hanya mengubah namanya menjadi Android Marshmallow dan ada pun fitur android marshmallow sendiri.
  • App Permission
  • Web Experience
  • App Links
  • Mobile Payments
  • Fingerprint Support
  • Power & Chargering
Ke-6 fitur tersebut sudah di jelaskan oleh dave burke saat konversi google I/O (28/5/2015).

Akankah hanya fitur saja yang di perbaharui oleh google developer ?

Apakah hanya fitur saja yang di tambahkan dan di perbaharui ? ternyata tidak sob, google juga telah mengganti "Boot Animation" yaitu sebuah animasi yang akan muncul ketika sobat ingin mereboot atau menyalakan smartphone.

Tidak hanya dalam Boot Animation, google pun juga telah memberikan 2 varian tema yaitu Dark dan Light, karena seperti yang kita tau bahwa pada android versi 5.0 hanya ada satu varian tema saja yaitu light.

Video yang di unggah oleh droidlife,- (17/8/2015)

Bagaimana cara mendapatkan atau mengupgrade sistem operasi dari lollipop ke marshmallow ?

Untuk melakukan upgrade sistem sendiri baru dapat dilakukan oleh sebagian besar smartphone google nexus, dan untuk merek selain nexus pun masih menunggu karena setahu saya smartphone saat ini baru mampu mencapai lollipop 5.0.2 dan belum ada pengumuman seputar upgrading sistem menuju Marshmallow.

Dan yang hanya bisa kita lakukan hanyalah menunggu kepasitian dari developer akankah smartphone kita mampu atau tidak menerima upgrade ke marshmallow.

Dengan hadirnya marshmallow membuktikan bahwa google sungguh konsisten dalam meningkatkan konten mereka dan dengan hadirnya marshmallow pun menjadi era baru yang di  dalam dunia android.

Sekian dan Wassalamualaikum, WR, WB.