Monday, July 13, 2015

Ini lah Pengertian Bootloader, beserta Fungsi dan Manfaatnya (Updated 2017)

Definisi Dari Bootloader, serta Fungsi dan Manfaatnya

Ini lah Pengertian Bootloader, beserta Fungsi dan Manfaatnya - bagi yang sudah ngeroot hp melalui pc, dan memasang custom recovery, pasti tidak akan asing mendengar kata Bootloader.

Pasti sobat juga pernah bertanya-tanya tentang apasih sebenarnya bootloader itu, dan kenapa bisa berhubungan dengan root, oprek, dan semacamnya kan ???.

Nah, maka dari itu, kali ini saya akan coba jabarkan mengenai bootloader, supaya sobat bisa makin mengerti 👌👌.

Berikut Pengertian Bootloader di Hp Android

Jadi yang namanya bootlooader itu adalah sebuah program yang mampu memberikan aksesibilitas untuk memodifikasi sistem, memverfikasi intergritas OS, menyediakan media untuk mengupdate perangkat, serta sebuah program yang berfungsi untuk memuat OS ketika hp dalam proses booting.

Jadi secara tidak langsung bootloader itu berhubungan juga ke dalam sistem operasi sob, jadi bootloader itu memiliki peranan yang sangat penting di dalam sebuah hp, nah selain itu bootloader itu memiliki 2 keadaan sob, yaitu locked (terkunci), dan unlocked (terbuka).

1. Pengertian dari Locked Bootloader (bootloader terkunci)

In order to apply this concept, manufacturers lock the bootloader. With a locked bootloader on Android devices, it is virtually impossible to flash a Custom ROM and forced attempts void warranty as well as usually end up in bricks. Therefore, the first step is to always unlock the bootloader. by addictivetips
Jadi Locked Bootloader adalah keadaan di mana bootloader masih dalam keadaan terkunci/tertutup, dan jika bootloader masih terkunci, maka aksesbilitas hp sobat masih sangat terbatas, atau dengan kata lain, belum bisa di pasangi custom rom, dan custom recovery, pokoknya masih terbatas banget deh.

Pertanyaan Iseng 1 : Emangnya kenapa bootloader itu dikunci sih bang ?

Supaya bisa menjaga garansi, serta stock rom (rom bawaan) yang ada di dalam hp sobat, sehingga kondisi hp sobat tetap aman.

Pertanyaan Iseng 2 : Terus, Kalo bootloadernya saya buka, bahaya gak bang ???

Enggak kok, tapi garansi, dan data di hp sobat bisa hilang, karena yang namanya membuka bootloader itu, sudah pasti berhubungan dengan root.

Nah, maka dari itu, sebelum membuka bootloader jangan lupa untuk membackup data dulu yaa.

Pertanyaan Iseng 3 : Oh iya, emangnya kenapa gak bisa di pasangi custom rom, dan custom recovery bang ???.

Karena, kalo bootloader masih dalam keadaan terkunci, hp tidak bisa mem-boot atau memuat OS yang sudah di modifikasi (contoh : Cyanogenmod), jadi bootloadernya itu harus di buka dulu.
For devices with a locked bootloader, booting an unsanctioned OS (e.g. CyanogenMod, Replicant or Ubuntu) requires the device's owner to first unlock.
Pertanyaan Iseng 4 : loh, kalo hpnya mau di root tetep bisa kan bang, dan bootloadernya bisa ikut kebuka gak ???

Kalo berdasarkan pengalaman saya sih bisa, tapi selama ngeroot hpnya menggunakan pc yaaa, soalnya kalo melalui pc itu tutorialnya lengkap sob, mulai dari root, membuka bootloader, hingga memasang custom recovery.

Sedangkan kalo ngerootnya menggunakan aplikasi one click root, setau saya bootloadernya tidak bisa terbuka, soalnya terakhir saya root menggunakan aplikasi one click root, kemudian mengecek kondisi bootloadernya, hasilnya malah Unknown (Tidak di ketahui), jadi harap hati-hati yaaa.

Definisi Dari Bootloader, serta Fungsi dan Manfaatnya (Updated 2017)
img dari cuman android

Nah dari penjelasan di atas, bisa kita ambil kesimpulan kalo manfaat dari locked bootloader (Bootloader dalam keadaaan terkunci) adalah
  1. Menjaga keadaan stock rom
  2. Menjaga garansi
  3. Menjaga aksesbilitas pengguna (terbatas)

2. Pengertian dari Unlock Bootloader (Bootloader terbuka)

'Unlocking Your Bootloader' Is How You 'Root' Your Phone. ... A locked or unlocked bootloader is what gives you access to “root.” “Root” is another big word in the Android community. If you “root” a device, it means you have “super user” access or “administrator” access to the operating system that runs on your phone, by tomsguide.
Jadi Unlocked Bootloader adalah kondisi dimana bootloader sudah dalam keadaan terbuka, sehingga aksesibilitas hp menjadi tidak terbatas atau dengan kata lain, HP sobat sudah bisa di root,di pasangi tweak, custom ROM, custom recovery.

Pertanyaan Iseng 1 : Emangnya kenapa bootloader perlu di buka sih bang ???.

Sebenarnya sih, gak ada alasan yang mengharuskan sobat membuka bootloader, hanya saja tergantung dari masing-masing pengguna, kalo misalnya sobat mau ngoprek-oprek hp, ya di buka saja bootloadernya, dan kalo tidak, ya di biarkan saja.

Pertanyaan Iseng 2 : Terus, kalo udah di buka, bootloaderya bisa di tutup lagi gak bang ???.

Bisa, dan harus di lakukan melalui pc, tapi kalo bootloadernya di kunci lagi, akses root hp sobat akan hilang karena prosesnya itu butuh me-wipe data sob.

Nah dari penjelasan di atas, bisa kita ambil kesimpulan lagi, kalo manfaat unlocked bootloader (Bootloader dalam keadaan terbuka) adalah
  1. Hp bisa di root
  2. Hp bisa di pasang custom recovery
  3. Hp bisa di pasang custom ROM
Nah, itulah pengertian dari bootloader sob, dan apabila ada kesalahan saya mohon maaf yaa karena hal di atas itu berdasarkan pengalaman saya sendiri., dan kalau memang ada yang salah, beritau saya di komentar ya 😊😊😊.