Saturday, May 30, 2015

Tips Membuat Baterai Android Super Awet dan Tahan Lama

Baterai itu salah satu komponen terpenting yang ada di android sob, baterai yang ada di dalam setiap smartphone android itu berbeda juga kapasitasnya sob, ada yang 2500 mAh hingga lebih.

Walaupun memiliki kapasitas yang besar, kadang-kadang yang namanya baterai bisa boros juga sob, biasanya di sebabkan terlalu banyak aplikasi dan juga sobat terlalu sering menggunakan aplikasi tersebut.

Tips Membuat Baterai Android Tahan Lama

(Google)

Tetapi tenang sob, kalaupun baterai android sobat cepat habis, masih bisa di atasi kok dan juga cara mengatasi baterai android yang boros juga cukup mudah.

"Loh emangnya bisa sob ?"

Tentu bisa sob, dengan tips yang akan saya bagikan kali ini, semoga dapat membuat android sobat menjadi lebih awet dan tahan cukup lama.

1. Matikan Koneksi / Data (Bluetooth, Connection, Wifi, NFC, dan Auto-Sycn)

Tips pertama di awali dengan mematikan data, sebab koneksi atau data itu mengkonsumsi daya baterai cukup besar sob, di bandingkan dengan screen brightness dan widget.

Karena ketika data di aktifkan secara terus menerus, maka android akan membutuhkan daya baterai yang cukup besar, jadi saran saya nyalakan koneksi atau data di saat yang di butuhkan saja sob.

Nah, untuk mensetting beberapa koneksi atau data, sobat bisa mengaturnya di setting > wireless & network.

2. Ubah Pengaturan Screen Brightness Secara Berkala

Screen Brightness berguna untuk mengatur tingkat kecerahan, semakin cerah maka semakin banyak daya baterai yang terbuang percuma.

Untuk mengatasinya sobat hanya perlu menggunakan Screen Brightness dengan tingkat kecerahan 50% - 70% di tempat terang dan 20% - 40% di tempat gelap.

3. Uninstall Aplikasi Yang Gak Terpakai

Hapus atau menguninstall aplikasi emang perlu sob, apalagi kalau aplikasinya jarang di pake, nah biasanya aplikasi yang gak ke pake itu masih bisa aktif dan berjalan di belakang layar, maksudnya aktif tanpa ketahuan gitu loh sob.

Nah cara yang paling efektif adalah dengan uninstall, atau kalau masih dapat terpakai sobat bisa menggunakan fasilitas force stop, cara melakukan force stop adalah setting > apps > force-stop.

Force Stop dapat menghentikan secara paksa aplikasi yang berjalan/tidak berjalan, nah untuk menggunakan aplikasi ini jangan sembarangan ya sob. (DO IT WITH OUR OWN RISK).

4. Gunakan Android Smartphone Seperlunya

Saya tidak mengharuskan sobat untuk mengikuti tips ke empat ini, karena setiap smartphone sudah mempunyai hak masing-masing, tapi bisa di bilang tips ke-empat ini merupakan tips paling Jitu.

"Kenapa Paling jitu Sob ? emang apa bagusnya ?"

Soalnya bila sobat menggunakan smartphone secara berkala, secara otomatis jarang ada aktifitas yang terjadi di smartphone sobat, terlebih sobat telah menon-aktifkan aplikasi sebelum screen-off, maka daya baterai smartphone sobat semakin lama.

Nah, ke empat tips di atas merupakan tips yang sudah saya terapkan di smartphone android saya, dan hasilnya smartphone android saya bisa bertahan cukup lama.

Oh iya sob hampir lupa, begini nih settingan saya biar baterai android smartphone saya awet :
  • Semua konektivitas di matikan
  • Set Brightness paling rendah, <10%
  • Mode Silent
  • Mematikan aplikasi yang tidak di pakai
Kemudian, saya setting lagi semuanya setelah android smartphone di gunakan, nah kalau sobat gak mau ribet, sobat bisa menggunakan aplikasi baterai saver seperti Battery Doctor dan Deep Sleep Battery *Root*.

Demikian artikel kali ini, semoga tips yang saya share hari ini dapat bermanfaat untuk sobat, dan jangan lupa untuk membaca artikel keren dan menarik lainnya mengenai android tentunya hanya di Cuman Android.

Nyesel loh kalo gak nanya ;)
EmoticonEmoticon